Destinasi WisataJawa Tengah

5 Tempat Bersejarah di Kota Bandung yang Penuh Nilai Historis

Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, Indonesia, adalah kota yang kaya akan tempat bersejarah. Dikenal sebagai “Paris van Java,” Bandung memiliki sejumlah bangunan kolonial Belanda yang indah, seperti Gedung Sate dan Hotel Savoy Homann.

Selain itu, kota ini juga memiliki tempat-tempat bersejarah seperti Monumen Bandung Lautan Api yang mengenang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bandung juga memiliki museum-museum bersejarah, seperti Museum Geologi dan Museum Konferensi Asia-Afrika, yang memamerkan warisan budaya dan sejarahnya yang kaya.

5 Tempat Berrsejarah di Kota Bandung

Berikut ini beberapa tempat bersejarah di kota Bandung yang harus Anda tahu!

  1. Gedung Sate

Lokasi: Gedung Sate terletak di Jalan Diponegoro No. 22, Bandung, Jawa Barat.

Sejarah: Gedung Sate adalah salah satu ikon Bandung yang paling terkenal. Dibangun pada tahun 1920-an, gedung ini awalnya adalah kantor pemerintahan Hindia Belanda. Nama Gedung Sate diambil dari elemen dekoratifnya yang menyerupai tusuk sate pada bagian atap. Gedung Sate menjadi pusat administrasi Provinsi Jawa Barat setelah Indonesia merdeka. Selama masa pendudukan Jepang, gedung ini juga digunakan sebagai kantor pemerintah pendudukan.

Harga Tiket Masuk: Anda dapat mengunjungi area luar Gedung Sate secara gratis. Namun, untuk masuk ke dalam dan mengikuti tur, harga tiket berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000, tergantung pada jenis tur yang Anda pilih.

Daya Tarik: Gedung Sate adalah salah satu tempat bersejarah di Kota Bandung, sekaligus contoh  arsitektur kolonial Hindia Belanda yang indah. Daya tarik utamanya adalah arsitektur art deco yang mengesankan, serta pemandangan taman yang indah. Pengunjung dapat mengeksplorasi interior gedung yang memamerkan berbagai artefak dan sejarah Jawa Barat. Selain itu, ada banyak warung makanan di sekitar area ini yang menjual makanan khas Jawa Barat.

Fasilitas: Di dalam Gedung Sate, terdapat museum yang memamerkan koleksi sejarah dan budaya Jawa Barat. Ada pula toko suvenir dan kafe untuk pengunjung yang ingin bersantai. Gedung Sate juga sering digunakan untuk berbagai acara dan pertemuan resmi.

  1. Museum Geologi

Lokasi: Museum Geologi terletak di Jalan Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat.

Sejarah: Museum Geologi Bandung didirikan pada tahun 1928 dan merupakan salah satu museum tertua di Indonesia. Museum ini awalnya merupakan bagian dari Balai Geologi dan sejak itu telah menjadi tempat penting untuk penelitian geologi dan paleontologi.

Harga Tiket Masuk: Harga tiket masuk untuk Museum Geologi adalah sekitar Rp 5.000 untuk warga lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Daya Tarik: Museum Geologi Bandung memiliki koleksi besar fosil, batuan, mineral, dan artefak geologi lainnya. Salah satu daya tarik utamanya adalah replika tengkorak manusia purba, Pithecanthropus erectus, yang ditemukan di Jawa pada tahun 1891. Selain itu, museum ini memiliki berbagai eksibisi yang menjelaskan tentang sejarah geologi Indonesia dan proses pembentukan bumi.

Fasilitas: Museum ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kafe, toko suvenir, dan area parkir yang luas. Pengunjung dapat mengikuti tur dengan pemandu untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang koleksi museum.

  1. Museum Konferensi Asia-Afrika (Afrika-Asia Conference Museum)

Lokasi: Museum Konferensi Asia-Afrika terletak di Jalan Asia-Afrika No. 65, Bandung, Jawa Barat.

Sejarah: Museum ini didirikan untuk memperingati Konferensi Asia-Afrika yang bersejarah yang diadakan di Bandung pada tahun 1955. Konferensi ini menjadi tonggak penting dalam sejarah diplomasi dunia dan pertemuan para pemimpin negara-negara Asia dan Afrika.

Harga Tiket Masuk: Harga tiket masuk untuk Museum Konferensi Asia-Afrika adalah sekitar Rp 10.000 untuk warga lokal dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing.

Daya Tarik: Museum ini menampilkan sejarah dan artefak dari Konferensi Asia-Afrika 1955, termasuk berbagai dokumen, foto, dan barang-barang bersejarah. Pengunjung dapat belajar tentang perjuangan kemerdekaan, diplomasi, dan persahabatan antara negara-negara Asia dan Afrika. Selain itu, museum ini memiliki taman yang indah yang cocok untuk berjalan-jalan santai.

Fasilitas: Museum ini dilengkapi dengan ruang pertemuan, auditorium, dan toko suvenir. Pengunjung juga dapat menikmati area taman yang tenang di sekitar museum.

  1. Museum Prangko

Lokasi: Museum Prangko terletak di Jalan Baranang Siang No. 1, Bandung, Jawa Barat.

Sejarah: Sebagai salah satu tempat bersejarah di Kota Bandung, Museum Prangko dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 1980, museum ini merupakan rumah bagi koleksi prangko dari berbagai negara.

Harga Tiket Masuk: Harga tiket masuk Museum Prangko adalah sekitar Rp 5.000 untuk warga lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Daya Tarik: Museum ini memiliki lebih dari 5.000 prangko yang berasal dari berbagai negara dan periode waktu. Pengunjung dapat melihat prangko bersejarah yang mencerminkan kebudayaan, sejarah, dan perkembangan teknologi. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi perangko langka dan edisi terbatas.

Fasilitas: Museum ini dilengkapi dengan toko suvenir yang menjual prangko dan barang-barang terkait. Pengunjung dapat mengikuti tur yang dipandu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sejarah prangko.

  1. Museum Sri Baduga

MUSEUM SRI BADUGA

Lokasi: Museum Sri Baduga terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 77, Bandung, Jawa Barat.

Sejarah: Museum Sri Baduga didirikan untuk mengenang Raja Sri Baduga Maharaja yang juga dikenal sebagai Prabu Siliwangi, raja terakhir Kerajaan Sunda. Museum ini dibuka pada tahun 1980 dan berfokus pada sejarah dan budaya Sunda.

Harga Tiket Masuk: Harga tiket masuk Museum Sri Baduga adalah sekitar Rp 5.000 untuk warga lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Daya Tarik: Museum ini memiliki koleksi yang beragam, termasuk artefak sejarah, seni tradisional, dan replika kereta perang Prabu Siliwangi. Pengunjung dapat belajar tentang kehidupan dan budaya Sunda, serta sejarah pemerintahan Raja Siliwangi.

Fasilitas: Museum Sri Baduga juga memiliki area taman yang nyaman dan toko suvenir yang menjual barang-barang tradisional Sunda. Selain itu, pengunjung dapat menghadiri berbagai acara budaya dan seni yang diadakan di museum ini.

Demikianlah informasi singkat tentang lima tempat wisata bersejarah di Bandung beserta sejarahnya, harga tiket masuk, daya tarik, dan fasilitas yang tersedia di masing-masing tempat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana mengunjungi Bandung.

Rekomendasi Oleh-Oleh Bandung untuk Turis

Baik turis local maupun ancanegara, alangkah baiknya jika Anda mencari oleh-oleh Bandung yang direkomendasikan agar nantinya bisa membawa pulang buah tangan terbaik. Kota ini terkenal dengan beragam produk khasnya, seperti kain batik, makanan ringan, hingga kerajinan tangan yang unik.

Di bawah ini kita akan melihat tiga rekomendasi oleh-oleh Bandung yang sangat direkomendasikan bagi para wisatawan.

  1. Batik Tulis Bandung

Sejarah dan Produksi: Batik adalah seni tekstil tradisional Indonesia yang sangat dihargai. Batik Tulis Bandung adalah salah satu oleh-oleh yang paling berharga dari kota ini. Batik tulis dibuat secara manual dengan menggunakan teknik pewarnaan dengan tangan, yang membuat setiap kain batik menjadi unik dan istimewa. Proses pembuatan batik tulis sangat rumit dan memerlukan keterampilan tinggi, sehingga hasil akhirnya adalah karya seni yang memukau.

Lokasi dan Toko Batik: Anda dapat menemukan berbagai toko batik di Bandung, terutama di sekitar Jalan Braga, Jalan Riau, dan pusat perbelanjaan seperti Paris Van Java Mall. Beberapa toko terkenal yang menawarkan batik tulis berkualitas tinggi adalah Batik Komar, Batik Danar Hadi, dan Rumah Batik Kawung. Selain toko fisik, banyak produsen batik di Bandung juga menjual produk mereka secara online.

Harga dan Variasi: Harga kain batik tulis di Bandung bervariasi tergantung pada motif, bahan, dan ukuran. Harga mulai dari beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah. Namun, batik tulis Bandung dikenal dengan kualitasnya yang luar biasa, sehingga setiap pembelian akan menjadi investasi yang berharga. Anda dapat memilih dari berbagai motif tradisional atau modern, sesuai dengan selera Anda.

Kenapa Direkomendasikan: Batik tulis Bandung adalah oleh-oleh yang sempurna untuk membawa pulang potongan seni Indonesia yang otentik. Batik adalah bagian integral dari budaya Indonesia, dan memiliki sehelai batik tulis Bandung dalam koleksi pribadi Anda adalah cara yang baik untuk menghargai warisan budaya negara ini.

  1. Keripik Maicih

Sejarah dan Produksi: Keripik Maicih adalah salah satu oleh-oleh makanan terkenal dari Bandung. Nama “Maicih” adalah singkatan dari “Makanan Asik enak Cepat Isi Hati” yang artinya makanan yang enak, cepat disantap, dan membuat hati senang. Produk ini terkenal karena rasa gurihnya yang khas dan berbagai level kepedasan yang dapat disesuaikan sesuai selera.

Lokasi dan Toko Keripik Maicih: Keripik Maicih pertama kali dibuat di Bandung dan telah menjadi merek terkenal di seluruh Indonesia. Anda dapat menemukan produk ini di banyak toko oleh-oleh, terutama di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional di Bandung. Beberapa toko resmi Maicih juga telah dibuka di beberapa kota besar di Indonesia.

Harga dan Variasi: Keripik Maicih datang dalam berbagai varian rasa dan tingkat kepedasan. Harga produk ini sangat terjangkau, sehingga cocok sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Anda dapat membeli dalam kemasan kecil atau besar, tergantung pada kebutuhan Anda.

Kenapa Direkomendasikan: Keripik Maicih adalah oleh-oleh makanan yang lezat dan praktis. Produk ini sangat populer di kalangan anak muda Indonesia dan memiliki citra merek yang kuat. Selain itu, berbagai varian rasa yang tersedia memungkinkan Anda untuk memilih sesuai dengan selera Anda sendiri atau sebagai hadiah untuk orang lain.

  1. Cokelat Monggo

Sejarah dan Produksi: Cokelat Monggo adalah merek cokelat premium yang diproduksi di Bandung. Cokelat ini dikenal karena kualitasnya yang tinggi dan berbagai varian rasa yang menggoda. Monggo menggabungkan cokelat berkualitas dengan cita rasa tradisional Indonesia, seperti cokelat dengan tambahan bumbu rempah-rempah khas.

Lokasi dan Toko Cokelat Monggo: Anda dapat mengunjungi toko-toko resmi Cokelat Monggo di Bandung, salah satunya berada di Jalan Dago. Selain itu, produk Monggo juga dapat ditemukan di beberapa pusat perbelanjaan besar di Bandung dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Harga dan Variasi: Cokelat Monggo hadir dalam berbagai bentuk dan varian, mulai dari cokelat batangan hingga permen cokelat dengan berbagai rasa tambahan. Harga beragam tergantung pada jenis dan ukuran produk, tetapi produk ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan merek cokelat biasa.

Kenapa Direkomendasikan: Cokelat Monggo adalah oleh-oleh yang sempurna untuk pecinta cokelat. Kualitas dan rasa cokelatnya yang luar biasa membuatnya menjadi pilihan yang bagus sebagai hadiah atau sebagai cemilan pribadi. Selain itu, dengan variasi rasa yang beragam, Anda dapat menemukan cokelat Monggo yang cocok dengan selera Anda.

Mengunjungi Bandung adalah pengalaman yang tak terlupakan, dan oleh-oleh dari kota ini akan membawa kenangan manis bagi Anda. Dari batik tulis yang indah hingga keripik Maicih yang gurih, hingga cokelat Monggo yang lezat, Bandung menawarkan banyak pilihan oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang untuk keluarga, teman, atau bahkan untuk diri sendiri. Semoga rekomendasi ini membantu Anda menemukan oleh-oleh yang sempurna saat mengunjungi kota ini.

Itulah artikel yang mengulas tentang tempat bersejarah di Kota Bandung. Bagi Anda yang ingin mengunjungi kota Bandung, bisa banget memakai layanan jasa travel Belvania Trans. Belvania Trans juga menyediakan layanan rental mobil Bandung terbaik, lho. Hubungi admin sekarang.

Author

2 thoughts on “5 Tempat Bersejarah di Kota Bandung yang Penuh Nilai Historis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *