5 Kuliner Semarang yang Khas dan Wajib Dicoba! - PWSO

5 Kuliner Semarang yang Khas dan Wajib Dicoba!

Di area Semarang, ada banyak sekali jenis kuliner Semarang yang enak dan wajib dicoba ketika ngetrip edisi kulineran. Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah seringkali didatangi oleh para wisatawan yang ingin menjelajah tempat-tempat bersejarah di provinsi ini.

Kota Semarang di Jawa Tengah memiliki cukup banyak kuliner khas yang wajib dijajal oleh para wisatawan. Bahkan kota ini dinyatakan sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia oleh Kementrian Pariwisata di tahun 2015 silam.

Anda yang datang ke Semarang wajib banget mencoba berbagai kuliner Semarang yang pastinya enak dan memanjakan lidah. Apa saja jenis kuliner khas Semarang yang wajib dicoba oleh para pendatang?

Yuk cari tahu informasinya pada artikel berikut ini!

5 Macam Kuliner Semarang yang Khas

Ada banyak makanan dan minuman khas yang wajib dicoba ketika pergi ke Semarang. Apa saja berbagai kuliner khas Semarang yang sangat direkomendasikan kepada para pembaca?

Berikut ini daftar kuliner Semarang yang harus Anda ketahui :

  1. Babat Gongso Warung Pak Karmin

kuliner semarang

Jika ingin jalan-jalan dengan tujuan kulineran di Semarang, pastikan untuk mampir ke Warung Pak Karmin, ya. Salah satu destinasi kuliner terlezat di area Semarang ini memang menyediakan menu yang cukup berbeda dibandingkan warung lain. Menunya yang paling beken yaitu nasi goreng babat serta babat gongso.

Babat Gongso dari Warung Pak Karmin sendiri terkenal akan kelezatan dan kaya rempahnya. Bumbunya benar-benar endulita, dan penuh dengan jeroan lezat seperti paru, hati, dan juga limpa. Rasa dari sajian ini identik dengan sensasi yang pedas, sehingga akan sangat disukai oleh pecinta spicy foods.

  1. Nasi Gandul Pak Memet

kuliner semarang

Berikutnya, Anda juga harus cobain Nasi Gandul Pak Memet. Di destinasi kuliner yang satu ini, Anda bisa menikmati sajian nasi yang dilengkapi dengan potongan daging sapi serta jeroan yang sangat nikmat. Betapa istimewanya menu ini, terlebih jika disajikan hangat di atas piring berlembarkan daun pisang.

Sebagai sajian komplementer, Anda juga bisa nambah makan gorengan, yang biasanya terdiri dari tempe goreng, tahu goreng, dan lain sebagainya. Nasi Gandul diberi nama demikian karena penjualnya menyajikan makanan yang dipanggul dengan menggunakan bambu, dimana pada kedua ujungnya terdapat tempat untuk bakul nasi dan kuali untuk kuah.

  1. Pisang Plenet

kuliner semarang

Di destinasi ketiga, Anda direkomendasikan untuk mengunjungi tempat njajan pisang yang satu ini di Semarang. Yaitu di Pisang Plenet Gajah Mada, yang merupakan tempat berjualan pisang pipih (pisang plenet) yang dijual di area Gajah Mada. Sajian ini berbeda dengan gorengan pisang biasanya karena proses pembuatannya dilakukan dengan membakar pisang hingga layu.

Umumnya, pisang yang belum diolah akan dipipihkan di atas talenan, lalu diolesi dengan margarin. Sebagai sentuhan akhir, pisang yang telah dipipihkan atau diplenet dalam Bahasa Jawa tersebut akan dibakar hingga layu dan siap disajikan. Jajanan yang satu ini sangat laris terutama karena harganya yang murah namun dari segi rasa sangat worth it untuk dicoba.

  1. Soto Bangkong

kuliner semarang

Berikutnya, kami juga akan merekomendasikan Soto Bangkong untuk Anda. Soto Bangkong merupakan salah satu jamuan yang terletak di area Jalan Bangkong. Karena terkenal di area tersebut, maka Soto Bangkong dinamai demikian. Selain itu, soto yang satu ini disebut sebagai soto khas Semarang yang terkenal lho.

Soto Bangkong merupakan sejenis soto ayam kampung yang sangat populer di kota Semarang. Anda bisa menikmati Soto Bangkong dengan harga yang tak terlalu mahal, namun rasanya benar-benar bikin ketagihan. Bangkong dalam Bahasa Jawa artinya katak atau kodok, nama demikian datang karena di area jualan soto tersebut dulunya banyak katak berkeliaran.

  1. Lumpia Gang Lombok

Yang terakhir, kami akan merekomendasikan Anda untuk menyantap hidangan lumpia khas Semarang di Lumpia Gang Lombok. Lumpia merupakan oleh-oleh asli Semarang yang harus Anda beli dan nikmati sewaktu kulineran di kota ini. Termasuk sebagai gerai lumpia tertua di Semarang merupakan salah satu alasan mengapa Anda harus mengunjungi tempat ini.

Sajian lumpia yang dijual di Lumpia Gang Lombok biasanya disajikan dalam versi lumpia basah dan lumpia goreng. Rasanya benar-benar khas, dan isian lumpia yang padat menjadikan para pengunjung merasa puas dengan makanan yang mereka beli. Jangan lupa untuk menikmati lumpia dengan mencocolnya ke saus, ya!

Itulah beberapa sajian kuliner Semarang yang khas dan benar-benar harus dicoba semua wisatawan yang datang ke kota ini. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *