Agen TravelAlphardBusDestinasi WisataElfHiaceJawa TengahJawa TengahJawa TengahJawa TengahSewaSewa MobilTips & Rekomendasi

4 Tempat Wisata Angker di Semarang, Harus Dicoba! 

Pilihan wisata yang ada di Indonesia termasuk Semarang ini mempunyai banyak macamnya. Salah satu hal yang sangat menantang dan bisa membuat bulu kuduk berdiri adalah wisata angker. Dari gunung sampai dengan bangunan bersejarah, ini 10 tempat wisata angker di Semarang yang sudah sangat terkenal akan cerita seram dan mistisnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Angker di Semarang 

Sebagai berikut adalah daftar tempat wisata angker di Semarang : 

  1. Lawang Sewu

Tempat Wisata Angker di Semarang 
Liputan6.com

Meski sudah bertransformasi menjadi museum dan bisa disewa untuk pameran, pemotretan dan  pernikahan, Lawang Selu sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker yang ada di Semarang.

Bangunan yang didirikan pada tahun 1904 oleh pemerintah Belanda ini mempunyai ruang bawah tanah. Pada tahun 1942 ruangan tersebut digunakan oleh pasukan Jepang untuk memenjarakan para pasukan Indonesia dan Belanda. 

Karena mempunyai ruangan yang terlalu sempit sementara jumlah tahanan cukup banyak, maka ruangan itu menimbulkan korban jiwa. Dari situlah keangkeran bermula.

Tidak sedikit orang yang mengaku pernah membantu aroma busuk dan melihat penampakan perempuan berambut panjang dan sosok bayangan bermata hijau di Lawang Sewu.  Ruang penyiksaan yang ada di lantai tiga juga konon katanya menjadi tempat para tentara Jepang untuk menghabisi para tawanan. 

Sehingga, menyebabkan suara jeritan yang sering terdengar pada ruangan itu pada malam hari.  Ada juga suara jeritan dari bagian sumur area depan bangunan dan sosok prajurit penjaga pintu depan pada area yang paling barat atau timur.

  1. Benteng Pendem Ambarawa

Tempat Wisata Angker di Semarang 
Suara.com

Karena kondisinya yang sudah terbengkalai, tidak heran jika Benteng Pendem Ambarawa atau Fort Willem I menjadi salah satu tempat paling angker di Semarang. Benteng yang satu ini dibangun pada tahun 1834 dan dijadikan sebagai barak militer, penjara dan gedung logistik perang.

Sampai dengan sekarang, bangunan di area benteng ini masih tegak berdiri dan difungsikan sebagai Lapas Kelas IIA Ambarawa, rumah dinas sipir dan tentara serta tempat wisata.  Sama halnya dengan Lawang Sewu, Benteng Pendem juga menjadi salah satu tempat tawanan bagi orang Belanda dan penduduk yang dicurigai membangkang dengan pemerintah Jepang.

Kabarnya, para tawanan sering menerima perlakuan yang mengerikan sampai dengan meninggal di penjara tersebut. Maka dari itu, cerita mistis juga begitu melekat pada Benteng Pendem.

Di mata orang-orang dengan kemampuan indra keenam, kawasan benteng seperti kerajaan lelembut yang berisikan sosok-sosok penuh luka di sekujur tubuhnya yang merintih sampai dengan minta tolong. Hal ini konon katanya berkaitan dengan pembangunan benteng yang melibatkan warga sekitar sebagai pekerja dan kemudian meregang nyawa akibat perlakuan tidak manusiawi.

Penghuni benteng sering mengaku mendengar suara orang yang memanggil-manggil. Bahkan, mereka juga sering melihat berbagai sosok yang menampakkan diri sebagai warga sekitar, sosok tinggi besar dan lain-lain.

  1. Gunung Ungaran

Tempat Wisata Angker di Semarang 
Kompas.com

Gunung Ungaran adalah salah satu kawasan pendakian populer yang mempunyai ketinggian 2.050 mdpl.Di balik kepopulerannya, Ungaran menyimpan kisah mistis yang membuatnya dianggap sebagai tempat wisata angker yang ada di Semarang.

Cerita yang tersebar di kalangan masyarakat adalah tentang penampakan macan kumbang bermata hijau menyala, pohon yang tertutup dengan bayangan hitam besar dan keberadaan Makam Dasamuka. Selain itu, ada juga kisah pendaki yang tersesat, mendengar suara orang dari kejauhan dan langkah kaki yang mengikuti.

  1. Rawa Pening

Tempat Wisata Angker di Semarang 
AyoSemarang.com

Rawa pening adalah salah satu destinasi wisata rawa-rawa dengan luas sekitar 2.670 hektar di cekungan antara Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran. Di balik pesona keindahan alamnya, tempat wisata rawa kali ini menyimpan cerita mistis atau keangkeran yang masih dipercaya sampai dengan sekarang. 

Salah satu yang paling melegenda dari tempat ini adalah keberadaan Baru Klinting atau sosok ular besar yang dipercaya sebagai penjaga sekaligus cikal bakal terbentuknya rawa. Sejumlah warga yang bekerja di kawasan rawa juga sering mengaku melihat ular besar berenang di rawa tersebut. 

Konon, meski berwujud seperti ular, sosok tersebut bisa berbicara seperti layaknya manusia. Selain keberadaan ular, Rawa Pening juga sangat terkenal dengan kisah suara gamelan misterius. Ini dipercaya menjadi pertanda bahwa akan adanya korban jiwa akibat tenggelam di rawa, kecelakaan dan lain-lain.

Suara gamelan biasanya seolah-olah terdengar sangat nyaring di sekitar danau. Namun di saat sudah didekati, suara tersebut justru seolah-olah berasal pada tempat dimana kamu berada semula. 

Apabila suara terdengar pada malam hari. Maka, untuk korban jiwa biasanya akan muncul keesokan harinya atau beberapa hari berikutnya.

Berkunjung ke Tempat Wisata Angker di Semarang yang Kekinian Bersama Jasa Sewa Mobil Terbaik

Melakukan menggunakan jasa sewa mobil terpercaya dengan tujuan berkunjung wisata maupun kuliner adalah keinginan banyak orang. Namun, sekarang menemukan jasa sewa mobil terpercaya tidak semudah apa yang dibayangkan. 

Artinya, kamu harus tetap teliti dan berhati-hati di saat memilih tempat sewa mobil terpercaya. Pastikan juga bahwa tempat sewa mobil mobil tersebut benar-benar mempunyai kendaraan yang selalu prima.

Dengan memilih jasa sewa mobil terpercaya, kamu akan diberikan perjalanan yang nyaman dan aman. Jangan ragu-ragu untuk memilih jasa sewa mobil terpercaya dan langsung hubungi saja pihak customer service. 

 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *