Agen TravelAlphardBusElfHiaceJakartaJakartaJakartaKulinerKulinerSewaSewa Mobil

10 Camilan Khas Betawi, Rasanya Super Lezat!

Di tengah gempuran camilan kekinian yang saat ini banyak orang, camilan khas Betawi rupanya masih eksis sampai dengan sekarang. Memang tidak sepopuler dulu, tapi camilan tradisonal yanglezat ini masih bisa kamu jumpai di beberapa lapak pedagang kaki lima, toko oleh-oleh dan tempat wisata populer Jakarta.

Apa saja sih, camilan khas dari Betawi yang harus kamu coba? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi Camilan Khas Betawi

Rekomendasi camilan khas Betawi yang bisa kamu jadikan bahan referensi :

1. Kerak Telor

Camilan Khas Betawi
Kompas.com

Kerak telor terbuat dari beras ketan putih, telur, ebi sangrai, bawang merah goreng dan bumbu halus dari kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam serta gula pasir. Untuk bahan-bahan ini dimasak di atas wajan kecil dan tungku api sampai terciptalah kerak telor gurih asin dengan bau khas arang tungku.

Apabila kamu tertarik mencoba, maka bisa mencari penjual kerak telor di beberapa tempat wisata hingga acara besar Jakarta. Sebut saja di Kota Tua, Setu Babakan dan acara ulang tahun Ibu Kota sudah pasti ada makanan kuliner satu ini.

2. Kue Ape

Selanjutnya ada kue ape, camilan khas Betawi yang berbentuk bulat. Bahan-bahan dari kue yang satu ini sangat sederhana, yaitu tepung terigu dan susu.

Kue ape mulanya putih seperti serabi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak penjual mulai menambahkan perisa pandan untuk menghasilkan warna hijau yang kini menjadi ciri khasnya. Ada juga beberapa varian warna lain serta tambahan topping keju dan meses. Bagi kamu yang ingin makan Kue ape bisa dijumpai di berbagai penjuru Jakarta, terutama di pinggir jalan dan dekat sekolah.

3. Putu Mayang

Camilan Khas Betawi
Detik.com

Camilan khas Betawi yang satu ini mempunyai bentuk menggelung dan bergelombang seperti mi. Teksturnya kenyal sementara rasanya adalah perpaduan antara rasa manis dan gurih.

Dahulu, camilan khas Betawi ini tersedia di dalam warna putih saja. Namun, seiring berjalannya waktu, putu mayang ini lebih dikenal sebagai penganan beragam warna, seperti putih, pink dan hijau.

Putu mayang biasanya disajikan di atas mangkung, lalu disiram kincau atau saus gula merah. Kue satu ini bisa kamu nikmati di berbagai tempat festival kebudayaan kuliner atau pagelaran budaya dan kuliner Betawi.

4. Kembang Goyang

Camilan khas Betawi ini terbuat dari tepung beras dan santan. Karena mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan kembang dan dibuat dengan digoyang-goyangkan di minyak panas supaya adonan lepas dari cetakan, kue ini pun dinamai kembang goyang.

Mulanya, camilan kering ini hanya mempunyai rasa manis dan satu warna saja. Namun, saat ini  kembang goyang telah memiliki varian rasa dan warna lain, seperti rasa keju, gurih, warna pink, warna hijau dan lainnya. Selain sering  memeriahkan Lebaran, tapi kembang goyang pada umumnya bisa kamu jumpai di toko oleh-oleh atau kios-kios kue kering.

5. Kue Dongkal

Camilan Khas Betawi
Okezone.com

Kue dongkal adalah camilan sederhana khas Betawi dengan cita rasa yang sangat manis legit dan gurih. Untuk makanan kali ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan, parutan kelapa dan gula merah. Perpaduan itu menghasilkan makanan berpola belang putih dan cokelat.

Bentuknya sendiri terbilang unik, yaitu mengerucut seperti kue tumpeng karena dibuat dengan kukusan nasi bambu yang berbentuk demikian. Meski sudah mulai sulit dijumpai, kamu masih bisa membeli camilan ini di pasar tradisional dan kaki lima, seperti daerah Rawa Belong maupun Pasar Minggu.

6. Kue Ongol-Ongol

Camilan Khas Betawi
Jangkara.com

Ongol-ongol adalah kue basah khas Betawi yang terbuat dari tepung sagu, gula merah dan parutan kelapa sebagai pelengkap. Camilan yang satu ini mempunyai rasa sangat manis dengan tekstur lembut dan kenyal.

Orang Betawi biasanya menjadikan makanan ongol-ongol ini sebagai camilan di pagi bersama teh hangat. Selain hadir di dalam acara adat Betawi seperti pernikahan, kue ongol-ongol juga bisa kamu jumpai di toko kue basah maupun pasar-pasar tradisional.

7. Dodol Betawi

Dodol khas Betawi adalah penganan berwarna hitam kecokelatan yang biasanya hadir dalam acara hajatan dan lebaran. Dibandingkan dengan dodol daerah lain, dodol Betawi mempunyai variasi rasa yang lebih sedikit yaitu ketan putih, ketan hitam dan durian. Kamu bisa membeli camilan khas Betawi ini di Setu Babakan, Dodol Betawi Hj. Mamas, Dodol Betawi Mpok Nini, Romlah Oleh-Oleh Jakarta, Nusa Indah, Dodol Betawi Wan Salmah, Toko Kue ASNR dan Dodol Nyak Mai.

8. Kue Geplak

Camilan Khas Betawi
Kompas.com

Kue geplak merupakan salah satu camilan khas Betawi yang sudah mulai sulit ditemukan di penjual kue Jakarta. Makanan yang satu ini mempunyai cita rasa manis dengan tekstur yang lembut. Warnanya didominasi oleh warna cokelat dan putih dari gula halus yang dibalurkan pada bagian luarnya.

Penamaannya berasal dari proses pembuatan kue yang dipukul maupun ditepuk-tepuk dengan tangan hingga menimbulkan suara “plak, plak, plak”. Kue ini pada umumnya menjadi salah satu kue hantaran pengantin di dalam pernikahan Betawi. Namun, jika tertarik mencicipinya, kue geplak bisa kamu jumpai di beberapa pusat kuliner Betawi seperti Setu Babakan.

9. Biji Ketapang

Biji ketapang adalah salah satu kue kering khas Betawi yang kerap menjadi primadona Lebaran. Bertekstur renyah dan mempunyai cita rasa manis-gurih, camilan satu ini terbuat dari terigu, margarin, gula pasir, santan, telur, sedikit garam dan vanili.

Konon, penamaan biji ketapang terinspirasi dari buah pohon ketapang yang berwarna kekuningan dan berukuran kecil. Dulu, saat pohon ketapang masih banyak tumbuh di tanah Betawi, orang-orang sering memungut buah ketapang yang tercecer di jalanan untuk dimakan bijinya. Biji gurih dan renyah ini yang menginspirasi terciptanya kue biji ketapang.

10. Kue Rangi

Camilan Khas Betawi
Turisian.com

Selanjutnya ada kue rangi atau sagu rangi, camilan khas Betawi yang terbuat dari campuran sagu aren dan parutan kelapa kering. Bentuk kue rangi ini sekilas tampak seperti kue pancong, tapi ukurannya lebih kecil dan sangat garing.

Rasanya sendiri adalah campuran antara manis dan gurih, dan sangat pas disantap bersama teh hangat atau kopi pahit. Camilan khas Betawi ini terbilang sulit sekali untuk ditemukan, tapi biasanya dijajakan pedagang kaki lima keliling. Selain itu, kamu juga bisa menjumpainya di Setu Babakan, Pasar Jatinegara dan Pasar Mayestik.

Membeli Camilan Khas Betawi Bersama Sewa Mobil Terpercaya

Camilan Khas Betawi
Lioutan6.com

Sewa Mobil di Jakarta yang siap dipesan selama 24 jam menawarkan solusi transportasi yang fleksibel dan dapat diandalkan untuk kebutuhan perjalanan kamu. Dengan layanan ini, kamu bisa dengan mudah menyewa mobil kapan saja, baik itu untuk perjalanan bisnis, wisata keluarga, atau acara khusus lainnya.

Armada mobil yang tersedia dalam kondisi terawat dan dilengkapi dengan fasilitas yang memastikan kenyamanan para penumpang. Keunggulan utama dari layanan ini adalah ketersediaan yang siap selama 24 jam, memberikan fleksibilitas yang sangat diperlukan bagi pelanggan yang memiliki jadwal yang padat atau perlu perjalanan mendadak di tengah malam. Dengan proses pemesanan yang mudah dan cepat.

Kamu bisa dengan nyaman merencanakan perjalanan tanpa rasa khawatir tentang ketersediaan kendaraan. Sewa Mobil 24 Jam yang siap dipesan tidak hanya memudahkan akses transportasi, tetapi juga memberikan jaminan bahwa perjalanan kamu akan berjalan lancar dan nyaman kapan saja kamu membutuhkannya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *