Agen TravelAlphardBusElfHiaceSewaSewa Mobil

4 Cara Memilih PO Bus Semarang Murah

Liburan bersama keluarga atau teman yang aman dan nyaman tidak lagi sekadar harapan, jika Anda menggunakan agen PO Bus Semarang terpercaya. Seiring dengan berkembangnya industri pariwisata, jumlah agen bus juga semakin bertambah. Maka dari itu, Anda harus  berhati-hati dalam memilih agen yang terpercaya.

Ada beberapa tips memilih agen perjalanan yang tepat dalam artikel ini. Dengan memperhatikan setiap aspek dalam memilih agen bus, Anda akan menemukan agen terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, tujuan dan budget liburan Anda.

Cara Memilih PO Bus Semarang Terpercaya 

PO Bus Semarang
PO Bus Semarang

Berikut adalah 4 cara supaya Anda menemukan PO Bus Semarang terbaik dan terpercaya :

1. Memeriksa Sertifikat Usaha pada Lembaga Resmi

Langkah pertama dalam memilih agen bus terpercaya dan berkualitas adalah memeriksa legalitas sertifikat usaha ke lembaga yang berwenang dalam bidang perjalanan. Pasalnya, sertifikat usaha bisa menjadi bukti bahwa agen tersebut sudah memenuhi standar dan persyaratan operasional, sesuai kebijakan yang berlaku.

Salah satu jenis sertifikasi usaha yang penting untuk dimiliki setiap agen bus adalah sertifikasi Biro Perjalanan Wisata (BPW) dari Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) atau asosiasi sejenis. Jenis sertifikasi ini menandakan seberapa baik keamanan dan kualitas layanan perjalanannya.

2. Pastikan Agen Bus Mempunyai Lokasi Kantor yang Jelas

Meski agen bus sudah terdaftar resmi sebagai penyelenggara perjalanan, bukan berarti mereka tidak berpeluang melakukan penipuan. Maka dari itu, Anda harus mencari tahu lokasi kantor agen yang sebenarnya. Pastikan agen yang akan Anda gunakan mempunyai alamat kantor yang jelas, kunjungi alamat tersebut jika memungkinkan.

Melalui upaya ini, Anda bisa menjangkau agen perjalanan secara langsung, apabila mengalami suatu masalah layanan bus maupun terkait transaksi online. Bahkan, alamat yang jelas dan lengkap juga menjadi bukti seberapa profesional dan terpercaya agen bus tersebut.

3. Periksa Fasilitas dan Standar Operasional Agen

Cara selanjutnya dalam memilih agen bus adalah periksalah semua fasilitas dan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan yang ditawarkan dengan cermat. Mulai dari akomodasi, transportasi, jadwal tur, layanan tambahan seperti asuransi perjalanan, serta prosedur pemesanan, konfirmasi, pembayaran dan pembatalan.

Agen perjalanan yang terpercaya pada umumnya akan memberi semua informasi di atas secara jelas dan lengkap. Selain melihat jenis fasilitas yang ditawarkan, Anda juga harus memeriksa kualitas dan standar keamanan fasilitas tersebut agar bisa menggunakannya dengan nyaman.

4. Pastikan Prosedur Transaksi Bersifat Transparan

Selain memeriksa ketersediaan fasilitas, Anda juga harus memastikan transparansi prosedur transaksi online maupun offline (tunai). Jika Anda bertransaksi secara online, maka perhatikan nama rekening yang agen bus miliki. Biasanya, agen bus yang profesional menggunakan rekening resmi atas nama perusahaan, bukan perorangan.

Sementara jika Anda bertransaksi secara tunai, maka pastikan Anda mendatangi customer service di kantor resmi agen untuk menyelesaikan pembayaran. Semua prosedur tersebut akan semakin meyakinkan, apabila Anda mendapat rincian biaya secara detail dan penjelasan mengenai transaksi dari pihak agen bus tersebut. 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *